Apa itu Koloni? Arti Kata Koloni Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

koloni adalah

Istilah koloni biasanya digunakan pada banyak hal mulai pemerintahan, kawanan hewan, tempat jajahan dan lain sebagainya. Salah satu contohnya misal Indonesia sering disebut sebagai Semi Koloni AS. Lalu sebenarnya apa arti kata Koloni? Untuk kamu yang belum tahu arti dari istilah yang satu ini, yuk simak ulasan kita kali ini.

Apa itu Koloni?

Koloni adalah kata benda yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki 5 arti yakni sebagai berikut:

  • Nomina (kata benda) yang menunjukan daerah penempatan penduduk
  • Nomina (kata benda) yang menunjukan (tanah) jajahan: pertempuran sering berkobar lagi di daerah -- Portugis
  • Nomina (kata benda) yang menunjukan daerah pengasingan tempat penyembuhan orang sakit
  • Nomina (kata benda) yang menunjukan kelompok orang yang bermukim di daerah baru yang merupakan daerah asing, sering jauh dari tanah air dan tetap mempertahankan ikatan dengan tanah air atau negara asal
  • Nomina (kata benda) yang menunjukan kawanan binatang yang tinggal di suatu daerah, hidup sangat berdekatan dan saling berhubungan satu dengan yang lain.
Diatas adalah lima arti kata Koloni menurut KBBI, sedangkan untuk orang yang menempati suatu daerah atau tempat yang disebut sebagai koloni adalah kolonis.

Dalam dunia sejarah, politik atau terkait pemerintahan, koloni adalah salah satu bentuk kekuasaan dari sebuah tanah atau daerah oleh sebuah negara atau kerajaan yang terjadi pada abad 16-an masehi.

Beberapa negara kolonis terbesar yang pernah tercatat adalah Inggris dan Spanyol, tak heran jika sampai saat ini, kedua negara tersebut masih dianggap memiliki power yang sangat kuat. Tidak hanya dua negara tersebut, beberapa negara lain juga pernah tercacat melakukan koloni seperti Belanda, Prancis, dan juga Portugis.

Bisa dibilang Koloni adalah aksi penjajahan, bila mana sang kolonis melakukan penguasaan dengan cara peperangan dan juga mengusir warga asli yang sudah mendiami tempat tersebut. Koloni akan berakhir jika warga asli yang mendiami kawasan tersebut melakukan perlawanan dan mendeklarasikan sebagai negara yang merdeka.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama