Cara Review Jurnal yang Baik dan Benar [+Contoh]

Cara Review Jurnal yang Baik dan Benar [+Contoh]

Mereview jurnal merupakan kegiatan dalam membuat laporan tugas atau pekerjaan. Biasanya jurnal juga banyak digunakan untuk bahan referensi suatu karya ilmiah. Ada cara review jurnal yang baik dan benar agar materi yang didapat ringan dan mudah dipahami oleh orang lain yang membacanya.


Sebelum masuk ke pembahasan cara untuk mereview jurnal, ada baiknya kita mengetahui tips penting untuk memilih jurnal yang akan direview. Kita harus memilih jurnal yang tidak sembarangan dan memiliki informasi yang cukup relevan dengan topik yang akan dibahas.



Tips Dalam Memilih Jurnal Yang Akan Direview

Pemilihan jurnal yang baik akan memudahkan kita dalam membuat ringkasan jurnal saat mereview. Berikut tips-tips yang bisa dilakukan dalam memilih jurnal.

Jurnal Berisi Nilai Positif

Kita bisa memilih jurnal yang banyak mengandung nilai positif di dalamnya. Ini tentu akan memudahkan cara review jurnal tersebut agar banyak dosen atau penilai melihat isi jurnal kita baik dan mudah dipahami bacaannya.

Jurnal Dengan Sedikit Halaman

Tips yang satu ini sangat berguna karena kita bisa mereview jurnal dengan kalimat yang padat tetapi tetap singkat atau tidak bertele-tele. Penulisan isi jurnal juga tidak memerlukan waktu yang lama. Dengan begitu, kita bisa mengoreksi kembali atau memperindah jurnal tersebut dengan sisa waktu yang ada.

Jurnal Yang Sering Direview

Jika kita sudah terbiasa membaca jurnal yang sangat terkenal atau sering dibaca banyak orang, ini memudahkan kita untuk mereview jurnal tersebut. Karena jika kita sudah mengetahui isinya,  kita tinggal menulis ulang jurnal tersebut tanpa membacanya secara berulang-ulang.

 

Cara Untuk Mereview Jurnal

Setelah mengetahui beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk memilih  jurnal, kita juga harus mengetahui cara review jurnal tersebut dengan baik dan benar. Jurnal yang akan dilaporkan harus memiliki standar penulisan yang baik agar orang yang membacanya mudah dalam memahami isi jurnal tersebut. 


1. Membaca Poin Penting

Isi jurnal pastinya tidak terlepas dari poin atau materi penting. Materi atau poin inilah yang nantinya akan memenuhi jurnal tersebut sebagai bahan review. Dengan membaca hal-hal penting ini juga kita bisa menghemat waktu dalam mereview jurnal tersebut. 


2. Membuat Kerangka Penting di Dalam Jurnal

Dalam penulisan jurnal kita harus juga memperhatikan kerangka atau bagian yang ditulis saat proses mereview. Baik itu pembuka, daftar isi, judul, kesimpulan, dan masih banyak lagi. Selain itu berikan keterangan jurnal secara terperinci tanpa disingkat. Ini memberi penilaian bahwa kita menulis jurnal secara teliti.


3. Memperkenalkan Jurnal

Memperkenalkan jurnal juga merupakan bagian penting dalam cara review jurnal. Kita bisa menuliskan nama penulis jurnal tersebut, atau menuliskan bahwa jurnal ini banyak dibaca oleh orang dan terkenal, atau tempat pembuat jurnal tersebut. Menjelaskan tentang jurnal itu sendiri bisa menambah nilai plus dalam mereview. 


4. Menuliskan Sumber Jurnal

Sebuah karya atau tulisan pastinya tidak semata-mata diciptakan tanpa adanya sumber. Ketika kita akan mencari jurnal tersebut, kita akan melakukan pencarian di sebuah website atau di sebuah perpustakan yang menyediakan buku-buku jurnal itu. Jangan lupa untuk selalu mencantumkan sumber asal jurnal tersebut didapat.


5. Hasil atau Kesimpulan serta Penutup

Setelah proses membuat awalan hingga isi jurnal tersebut selesai, jangan lupa untuk menyimpulkan hasil review jurnal. Berikan juga penilaian mengenai kelebihan jurnal yang direview serta kekurangannya. Buat kata penutup dengan menuliskan ucapan terima kasih, penerimaan kritik dan saran, atau memberikan kesempatan pembaca untuk mengajukan pertanyaan mengenai review jurnal tersebut.

 

Contoh Review Jurnal

Agar kamu lebih mudah dalam membuat review jurnal, berikut kami berikan contoh penulisan yang baik dan benar lengkap dengan strukturnya dalam bentuk table. Simak dibawah ini yaa..


Judul Judul jurnal yang direview
Jurnal Jurnal dibuat untuk apa
Volume & Halaman Volume dan halaman yang ada di jurnal
Tahun Tahun jurnal yang direview
Penulis Penulis jurnal
Reviewer Nama reveiwer
Tanggal Tanggal reviewer


Latar Belakang Latar belakang jurnal
Metode Penelitian Metode penelitian jurnal
Teori Teori  jurnal
Pembahasan Pembahasan  jurnal
Kelebihan Kelebihan  jurnal
Kekurangan Kekurangan  jurnal
Kesimpulan Kesimpulan  jurnal


Cara review jurnal yang baik dan benar bukan suatu hal yang sulit. Asalkan kita mengetahui langkah-langkahnya, penulisan review jurnal akan lebih mudah. Banyak membaca jurnal juga tidak akan merugikan kita dan justru akan banyak memberikan ilmu yang bermanfaat untuk ke depannya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Baca Artikel Lainnya