Apa itu Indeks? Arti Kata Indeks dan Fungsi Menurut KBBI

indeks adalah

Indeks adalah sebuah kata yang sering diucapkan dalam banyak peristiwa, hal ini karena istilah indek menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki empat arti. Istilah indeks sering kali digunakan pada buku, harga barang, ilmu komunikasi, sampai linguistik.
Lalu apa itu Ideks? Yuk cari tahu artinya melalui artikel dibawah ini.

Definisi Indeks

KBBI mendefinisikan indeks atau in.deks /indèks/ adalah sebagai berikut:

  • Indeks adalah Nomina (kata benda) yang memiliki arti daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku cetakan (biasanya pada bagian akhir buku) tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan
  • Indeks adalah Nomina (kata benda) yang memiliki arti daftar harga sekarang dibandingkan dengan harga sebelumnya menurut persentase untuk mengetahui turun naiknya harga barang: -- biaya hidup di Jakarta setiap tahun naik
  • Indeks adalah Nomina (kata benda) dalam ilmu komunikasi yang memiliki arti (artikel) daftar berita penting hari itu (dalam majalah, surat kabar) yang dimuat di halaman depan
  • Indeks adalah Nomina (kata benda) dalam linguistik yang memiliki arti rasio antara dua unsur kebahasaan tertentu yang mungkin menjadi ukuran suatu ciri tertentu; penunjuk

Merujuk 4 daftar yang diberikan oleh KBBI diatas, maka istilah arti kata indeks tergantung dari konteks pembicaraan yang sedang digunakan. Kalau digunakan pada karya ilmiah atau buku, berarti memiliki makna daftar istilah penting.

Sedangkan jika pada saat itu konteks yang dibicarakan adalah mengenai daftar harga bahanan makanan atau produk, brarti makna indeks memiliki arti naik turunya harga, atau fluktuasi. Dan seterusnya.

Fungsi Indeks

Begitupun sebaliknya jika kita sedang membicarakan fungsi dari indeks. Jika indeks yang dimaksud adalah buku, maka fungsinya sebagai pemberi informasi mengenai tempat halaman atau istilah yang disebutkan dapat ditemukan dengan mudah.

Namun jika indeks digunakan pada saat menyebutkan harga produk, maka fungsinya sebagai informasi untuk mengetahui naik turunnya harga dalam suatu periode. Ini penting untuk beberapa pihak, seperti pembisnis misalnya untuk mengambil keputusan.

Jika indeks digunakan pada media, maka istilah ini berfungsi sebagai informasi mengenai hal-hal menarik apa saja yang disajikan oleh media tersebut dan di anggap penting. Biasanya beberapa website menuliskan hal ini sebagai “editor choice”

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama