Apa itu Klarifikasi? Arti Kata Klarifikasi Menurut KBBI

author photo Juli 05, 2020
klarifikasi adalah

Biasanya artis dan publik figure sering melakukan klarifikasi atas sebuah masalah atau hal yang sedang mereka hadapi. Tidak hanya itu, perusahaan juga sering melakukan klarifikasi atas kegiatan dalam bisnisnya, entah melalui sosial media ataupun media pelipuatan berita.
Lalu sebenarnya, apa itu arti klarifikasi? Yuk simak pembahasan kami dibawah ini.

Arti Klarifikasi Menurut KBBI

Klarifikasi adalah suatu tindakan untuk menjelaskan suatu hal ketika banyak pihak salah dalam memahami sebuah kejadian agar pihak yang sebelumnya salah dalam mengartikan mendapatkan kejernihan atau penjelasan yang sebenar-benarnya terjadi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata klarifikasi adalah sebagai berikut ini:

  • Klarifikasi adalah Nomina (kata benda) yang berarti penjernihan, penjelasan, dan pengembalian kepada apa yang sebenarnya (tentang karya ilmiah dan sebagainya)

Contoh Kalimat Klarifikasi

Dalam klarifikasi, selain menyampaikan apa selama ini menjadi kesalahan, biasanya juga diawali dengan permintaan maaf atas kegaduhan atau hal yang tidak mengenakan.

Tidak hanya dalam awal kalimat, kita juga bisa menyampaikan kalimat klarifikasi terlebih dahulu, lalu di ikuti permintaan maaf atas kesalahpahaman yang terjadi. Berikut contoh kalimat klarifikasi yang baik.

Selamat pagi, Salam sejahtera bagi masyarakat Indonesia sekalian. Sehubungan dengan beberapa issue yang beberapa hari ini berkembang di Masyarakat terkait ... (sampaikan masalahnya), maka saya akan memberikan klarifikasi atau penjelasan terkait hal tersebut agar tidak menjadi masalah yang berkempanjangan. Berikut beberapa point yang akan saya sampaikan:
Pertama, sampaikan penjelasan anda. Kedua, .... sampaikan penjelasan anda. Ketiga, ..... sampaikan penjelasan anda. Keempat, ..... sampaikan penjelasan anda.
Dengan ini saya meminta maaf yang sebar-besarnya kepada pihak yang merasa disudutkan atas masalah ini, dan saya harap, salah paham yang sudah berkembang di masyarakat bisa terselesaikan dengan sejelas-jelasnya melalui klarifikasi yang sudah saya bauat.

This post have 0 Post a Comment


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Arti Kata Selanjutnya Next Post
Arti Kata Sebelumnya Previous Post

Advertisement