Apa itu Pagebluk? Arti Pagebluk Asal Jawa yang Ngetren Akibat Corona

pagebluk adalah

Ditengah pandemi virus corona yang juga menyebar diberbagai daerah di Indonesia, salah satu istilah bahasa jawa yang sering disebut sebagai Pagebluk kini juga sering digunakan untuk menggambarkan situasi sekarang ini.

Apakah kamu orang jawa yang tidak tahu makna dari arti kata ini? Sebenarnya apa arti dari pagebluk itu sendiri? Yuk kita cari tahu melalui artikel kbbi.divedigital.id kali ini.

Arti Kata Pagebluk Menurut KBBI

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) Pagebluk adalah nomina atau kata benda dalam bahasa Jawa yang didefiniskan sebagai wabah (penyakit); epidemi.

Istilah wabah dan epidemi sendiri adalah satu istilah yang biasa digunakan oleh mereka belajar dalam epidemiologi, yakni bidang ilmu yang secara khusus mempelajari tentang pola, distribusi, serta penentu kondisi kesehatan dalam sebuah populasi.

Dalam dunia epidemiologi, Wabah dan epidemi sendiri memiliki arti yang berbeda. Wabah digunakan untuk menunjukan adanya peningkatan jumlah kasus penyakit dalam jumlah kecil namun jelas terlihat. Sedangkan epidemi adalah wabah yang sudah menyebar dalam cakupan yang lebih luas. Jika sudah pada tahap internasional dan sulit dikendalikan, hal tersebut akan dinamakan sebagai pandemi.

Namun makna pagebluk dalam bahasa jawa artinya hanya sebatas untuk menunjukan adanya wabah penyakit atau epidemi yang terjadi pada sebuah wilayah, salah satunya seperti pagebluk corona seperti sekarang ini.

Selain pagebluk corona, masyarakat Jawa memang sudah beberapa mengalami adanya wabah, maka tidak heran jika istilah pagebluk melekat kuat sampai sekarang. Beberapa pagebluk yang pernah dialami oleh masyarakat Jawa pada masa lalu adalah influenza, cacar, malaria, pes, sampai dengan colera. Beberapa penyakit terebut juga pernah menjadi wabah atau pagebuk di tanah Jawa.

Kini anda sudah tahu bukan arti dari kata pagebluk? Tak lain ini adalah istilah untuk menunjukan adanya jenis penyakit yang terjadi pada sebuah wilayah, entah masih dalam bentuk wabah atau sudah bertransformasi menjadi epidemi. Jika kamu ingin tahu arti kata lainnya, silahkan gunakan kolom pencarian yang ada di website KBBI.Divedigital.ID ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama