Apa itu Konservatif? Makna / Arti kata dan Contohnya

konservatif adalah

Jika kamu membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sudah pasti kamu akan menemukan banyak kata baku yang lazim digunakan, namun jarang sekali kita dengar, bahkan tidak tahu artinya. Selain pagebluk yang akhir-akhir ini ngetrend, konservatif juga menjadi salah satu kata baku yang tidak banyak diketahui orang.

Apa kamu termasuk orang yang tidak tahu arti konservatif? Dari pada bingung dengan istilah satu ini, yuk kita cari tahu pengertian dari istilah satu ini.

Arti Kata Konservatif KBBI

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mendefinisikan konservatif adalah sebuah sikap yang cenderung mempertahankan tradisi, kebiasaan, sampai keadaan yang sudah berlaku. Konservatif juga bisa didefinisikan sebagai sikap orang yang terlalu kolot.

Bagaimana? Sudah mendapatkan jawaban terkait definisi konservatif?

Mendengar kata ‘kolot’ mungkin kita akan langsung menganggap bahwa konservatif termasuk kata negatif. Namun menurut kami sendiri tidak demikian, tergantung kata ini disandingkan dengan kata apa. Arti konservatif termasuk kata netral, yang bisa positif dan negatif, tergantung kata tersebut disandingkan atau digunakan dalam konteks apa.

Misalkan ketika dalam ranah mempertahankan kebudayaan dan tradisi lokal yang mulai tergerus oleh tradisi negara lain, tentu saja orang yang konservatif terhadap budaya dan ingin melestarikan hal tersebut justru lebih baik.

Namun akan memiliki makna negatif jika kata ‘konservatif’ digunakan untuk menunjukan cara berfikir seseorang. Misalkan ada orang yang berkata ‘si C pemikirannya terlalu konservatif’. Maksdunya si C adalah yang berfikir secara kolot, tidak mau mendengarkan perkataan orang lain, dan sebagainya. Jika demikian, tentu kata konservatif memiliki makna negatif.

Konservatif dalam Ranah Politik

Dalam ranah politik, kita juga mengenal yang namanya ideologi konservatif. Apa itu ideologi konservatif? Konservatisme adalah sebuah istilah dari bahasa latin yang menunjukan sebuah filsafat politik dimana mereka yang memiliki pemahaman ini cenderung condong terhadap nilai-nilai yang ada di masa lampau atau traditional.

Contoh Kalimat Konservatif

Agar lebih mudah memahami arti dari kata konservatif? Berikut kami hadirkan beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata ‘konservatif’ lengkap dengan arti katanya.

7 tahun belajar tentang bahasa, membuat saya menjadi seorang yang konservatif dan gemas melihat orang menggunakan kata dalam situasi yang tidak tepat. Misalnya kata ‘UP dalam sosmed’ yang digunakan untuk menjelaskan bahwa mereka tidak tertarik.

Arti dari kalimat diatas adalah ia sebagai orang yang belajar tentang bahasa termasuk orang yang konservatif ketika ada orang yang menggunakan kata tidak sebagaimana mestinya. Ia ingin mempertahankan maka dari sebuah kata sebagaimana yang ada dalam sebuah standar baku.

Jika membicarakan soal adat dalam menikah, bapak saya termasuk orang yang sangat konservatif. Sebelum menikah, serangkaian proses harus dilakukan, termasuk dalam hal-hal yang tidak masuk akal.

Artinya, pembicara ingin mengatakan bahwa ketika membicarakan soal pernikahan, bapaknya termasuk orang yang kolot, dan cenderung ingin mempertahankan semua tradisi, budaya, dan adat istiadat yang ada di masa lalu. Bapaknya termasuk orang yang tidak bisa menerima perubahan terhadap upacara dalam pernikahan, meskipun hal tersebut sudah tidak relevan dengan zaman dan tidak masuk akal.


Bagaimana, kini kamu sudah tahu makna dari kata konservatif bukan? cari tahu makna kata lainnya di https://www.kbbi.divedigital.id

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama