Apa Itu Rebahan ? Arti Kata Dan Contoh Penggunaannya

arti kata rebahan

Saat ini media sosial memerankan peran yang begitu penting dalam membentuk sebuah tren. Apapun yang sedang trending di media sosial seperti berbagai challenge, produk, aplikasi atau bahkan sekedar istilah akan menjadi sebuah hal yang menarik. Salah satunya adalah kata “rebahan” yang menjadi sebuah tren semenjak tahun 2019.

Namun seringkali orang-orang kurang memahami arti kata “rebahan” dan menggunakannya secara sembarangan. Bahkan karena pemahaman yang salah, sering kali kata “rebahan” digunakan dalam kalimat dengan konteks yang sangat berbeda. Sehingga kata “rebahan” mengalami pergeseran arti yang sangat berbeda. Untuk itulah akan kami bahas arti kata “rebahan” dan contoh penggunaannya.

Arti Kata Rebahan

Meskipun menurut KBBI Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “rebahan” juga merujuk pada “tempat berbaring”. Namun anak muda saat ini jarang sekali menggunakan arti kata tersebut. Karena arti dari kata ini lebih menarik untuk ditujukan kepada konotasi bermalas-malasan.

Kata “Rebahan” merupakan pengembangan dari kata dasar “rebah” yang memiliki arti pergerakan dari posisi berdiri tegak  ke posisi terbaring atau jatuh dengan sengaja. Kata ini pertama kali populer pada tahun 2019 di platform media sosial Twitter.

Kemudian penggunaan kata ini terus digunakan hingga sekarang oleh para kaum muda dan netizen seluruh Indonesia. Bahkan kata “rebahan” terus digunakan hingga media sosial lain seperti Instagram yang membuatnya terasa semakin familiar di telinga para kaum muda.

Saat ini kata rebahan telah menjadi bahasa gaul yang sering sekali digunakan para netizen untuk menggambarkan suasana santai. Namun konotasi atau arti kata rebahan secara populer lebih merujuk kepada kegiatan bermalas-malasan di kasur sepanjang hari. Sehingga seringkali kata “rebahan” diidentikkan dengan kegiatan yang bersifat negatif yang ditujukan untuk orang yang tidak mempunyai aktifitas atau pekerjaan.

Namun bukan hanya merujuk kepada aktifitas bermalas-malasan, kata “rebahan” juga bisa diartikan sebagai kegiatan istirahat. Arti dalam kata “rebahan” dalam konteks beristirahat adalah ketika seseorang menghabiskan waktu berlibur dengan beristirahat di dalam rumah. Dalam hal ini kata rebahan memiliki konotasi arti yang bagus.

Karena makna konotasi kata “rebahan” memiliki pemahaman positif dan negatif, maka penggunaannya harus disesuaikan dengan kalimat yang tepat. Apalagi kata ini sangat populer, sehingga seringkali orang-orang menggunakannya dengan salah.

Contoh Penggunaan Kata Rebahan

Karena kata “rebahan” memiliki 2 konotasi makna yang berbeda, maka kamu harus mengetahui contoh-contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat. Sehingga kamu dapat memahami secara lebih jelas bagaimana cara menggunakannya.

Dimulai dengan kata “rebahan” dengan makna konotasi negatif yang merujuk kepada sifat malas-malasan. Salah satu contohnya adalah ketika kamu melihat adikmu tidur sambil memainkan handphone-nya seharian. Maka kamu dapat menyindir adikmu dengan kalimat
seharian rebahan terus, bantu aku memsihkan ruang tamu dulu”.

Contoh lain dari sindirian menggunakan kata rebahan adalah “kerjanya rebahan seharian tapi mau sukses di masa depan

Kemudian contoh kata “rebahan” bermakna positif yang merujuk kepada menghabiskan liburan dengan beristirahat di dalam rumah. Salah satu contohnya adalah kalimat pernyataan yang kamu ucapkan saat kamu sedang lelah, seperti:

satu minggu penuh ini banyak sekali proyek di kantor, aku mau rebahan saja besok minggu”.

Hal tersebut akan menuntjukkan bahwa kamu ingin beristirahat seharian dirumah tanpa menimbulkan persepsi bahwa kamu malas.

Demikian arti dan contoh penggunaan kata “rebahan” yang yang benar. berbagai bahasa pergaulan tentunya akan memberikan kosa kata yang baru setiap tahunnya. Sehingga kamu perlu untuk mempelajari dan menyesuaikannya dengan berbagai kondisi. Apabila kamu bisa menguasainya dengan baik, kamu akan lebih mudah dalam bergaul dan mengikuti tren.
Baca Juga

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama