-->

Apa itu Substansi? Arti Kata Substansi Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

author photo Juli 07, 2020
Sebenarnya, arti kata Substansi sendiri menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ada empat, maka tidak heran jika istilah satu ini sering disebutkan dalam berbagai hal. Pernah mendengarkan orang menyebutkan istilah ini namun tidak tahu apa artinya?

Jangan kuatir, dalam konten kali ini kami akan membahas istilah dari substansi yang merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Arti Kata Substansi Menurut KBBI

Berikut makna kata substansi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang sudah kami sempurnakan agar lebih mudah untuk dipahami lengkap dengan contohnya:

  • Substansi adalah Nomina atau kata benda yang memiliki arti watak yang sebenarnya dari sesuatu; isi; pokok; inti. Contohnya seperti dalam konferensi akan dihimpun substansi masalah yang akan kita bicarakan dalam pertemuan tingkat tinggi mendatang
  • Substansi adalah Nomina atau kata benda yang dalam ilmu kimia memiliki arti unsur; zat. Contohnya seperti pembakaran terjadi sebagai hasil persenyawaan sebuah substansi dengan oksigen.
  • Substansi adalah Nomina atau kata benda yang memiliki arti kekayaan; harta. Contohnya seperti pikiran merupakan substansi yang tidak kelihatan
  • Substansi adalah Nomina atau kata benda yang dalam yang dalam ilmu Linguistik bermakna medium yang dipakai untuk mengungkapkan bahasa.

Jadi untuk mengetahui arti substansi, kita harus mengetahui dulu konteks yang dibicarakan apa. Jika substansi dibicarakan dalam ilmu kimia, maka artinya bisa berupa zat atau unsur. Namun yang lebih sering digunakan, substansi sendiri di artikan sebagai inti, pokok, hakikat, ataupun isi yang merupakan istilah umum dalam ilmu filsafat.

Substansi sendiri merupakan kata baku, yang artinya kata resmi yang digunakan dalam bahasa Indonesia. Istilah ini diambil atau diserap dari istilah bahasa inggris yaitu ‘substance’. Dalam kamus bahasa inggris, arti kata substance adalah isi. Sedangkan substance sendiri juga diserap dari bahasa lain, yakni bahasa latin yang artinya adalah isi, bahan, hakikat, dan padanan kata lainnya.

Jika berbicara tentang substansi, maka salah satu tokoh yang paling identik adalah Aristoteles yang merupakan seorang filsuf pertama kali membincangkan hal ini. Menurut Aristoteles, substansi merupakan konsep yang bisa berdiri sendiri, dan hal lain yang berkaitan dengan konsep ini adalah sebuah penjelasannya.

This post have 0 Post a Comment


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Arti Kata Selanjutnya Next Post
Arti Kata Sebelumnya Previous Post

Advertisement