Apa sih Arti Ambyar itu? Definisi Ambyar Menurut KBBI

arti ambyar

Beberapa waktu lalu, dunia musik Indonesia berduka karena kehilangan salah satu musisi terbaiknya, yakni Didi Kempot. Pada beberapa saat terakhir, Didi Kempot memang menjadi sangat populer dengan lagu-lagu patah hatinya yang dianggap mewakili perasaan banyak orang.

Darinya, bahkan kata ambyar menjadi populer, dan menyebut orang-orang yang menikmati lagunya sebagai sobat ambyar. Sebenarnya apa sih arti ambyar itu?

Arti Kata Ambyar Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kalau kamu membuka aplikasi KBBI atau situs resmi KBBI, kamu akan dengan sangat mudah menemukan arti kata ambyar. Berikut arti ambyar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:
  • ambyar adalah berarti bercerai-berai; berpisah-pisah; tidak terkonsentrasi lagi. Sebuah istilah yang sangat tepat untuk menggambarkan keadaan diri saat tengah patah hati.

Arti Lain Kata Ambyar

Tidak melulu soal hati, arti ambyar juga bisa digunakan dalam konteks lain. Seiring kepopuleran kata tersebut, penggunaannya saat ini juga mengalami perluasan. Salah satunya digunakan untuk istilah dalam dunia kuliner.

Contohnya seperti pada adonan perkedel kentang atau tahu. Walau tampak sederhana dan mudah dibuat, adonan tersebut harus dibuat dalam takaran yang tepat supaya tidak ambyar atau pecah ketika digoreng.

Bukan hanya itu, kata ambyar juga bisa digunakan untuk menggantikan istilah lumer di mulut. Kata ini biasanya digunakan pada kue, seperti puding. Supaya lebih menggugah selera dan bisa menggambarkan rasa yang tidak biasa, orang-orang lebih sering menulisnya dengan “ambyar di mulut”. Dalam bahasa Inggris, istilah tersebut memiliki arti “melt in your mouth”.


Awal Mula Kepopuleran Kata Ambyar

Kata ambyar tidak populer begitu saja di Indonesia. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa kata ambyar dipopulerkan oleh mendiang Didi Kempot melalui lagunya yang berjudul Ambyar. Lagu tersebut dirilis pada tahun 2019.

Berikut potongan lirik yang judulnya menjadi populer tersebut.

Wis kebacut ambyar, remuk sing neng ati (Sudah terlanjur hancur, hancur yang di dalam hati). Apa ngene iki sing jenenge korban janji (Apa begini yang dinamakan korban janji). Wis ambyar, aku kudu kepiye (Sudah hancur, aku harus bagaimana), Metu ngendi supaya ketemu kowe (Lewat mana supaya bertemu kamu)

Selain lagu itu, masih banyak lagi lagu Didi Kempot yang sangat populer. Beberapa di antaranya, adalah Sewu Kuto, Stasiun Balapan, Cidro, Tanjung Mas Tinggal Janji, Suket Teki, dan Banyu Langit. Berbagai lagu tersebut akan dinyanyikan bersama dengan fansnya saat konser. Bukan hanya untuk menghibur, tapi juga untuk merayakan patah hati. Ya, patah hati memang harus dirayakan, unikkan?


Sekarang sudah mengerti bukan apa arti ambyar?Yuk baca arti lainnya, seperti arti sending virtual hug yang kini juga tidak kalah populer.
Baca Juga

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama