Apa Itu Alat dan Bahan? Mengetahui Pengertian, Perbedaan, dan Contoh

contoh alat dan bahan

Tidak sedikit orang mengira, bahwa alat dan bahan merupakan istilah untuk menyebut dua benda dengan fungsi berbeda, yang dibutuhkan dalam sebuah kegiatan produksi. Hal ini tidak mengherankan sama sekali, apabila banyak pula yang tidak bisa membedakan keduanya.

 

Alat dan bahan memiliki arti masing-masing, sehingga untuk dapat membedakannya, Anda harus tahu terlebih dahulu tentang definisinya. Mungkinkah Anda termasuk yang belum bisa membedakan antara alat dan bahan? Jika benar, maka Anda berada di halaman yang tepat, karena di bawah ini akan ada informasi untuk menjawab pertanyaan “Apa itu alat dan bahan?” dan juga perbedaannya. Langsung saja, scroll pelan-pelan, kemudian baca dan pahamilah!

 

Definisi Alat

Alat adalah sebuah istilah untuk menyebut benda-benda yang digunakan untuk mengerjakan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari. Ini definisi alat menurut KBBI. Tentunya fungsi ini bertujuan untuk mencapai maksud tertentu.

Nah, jika dilihat dari sudut pandang lain, alat dapat berarti sebagai benda yang digunakan untuk melakukan satu dan lain hal, namun tidak akan berkurang atau habis setelah digunakan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa alat merupakan benda yang digunakan untuk mengerjakan sesuatu dan tidak akan habis, meskipun sudah dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya.

 

Definisi Bahan

Bahan adalah zat atau benda yang dapat digunakan untuk membuat benda baru lainnya. Lebih sederhananya, bahan merupakan benda yang dibutuhkan untuk membuat sesuatu yang baru dan berbeda dari bentuk sebelumnya.

Setelah digunakan untuk membuat sesuatu, bahan bisa berkurang, bahkan juga bisa habis. Hal ini tergantung dari seberapa besar porsinya untuk digunakan.

Dari penjelasan di atas, bukankah sudah cukup jelas bahwa alat dan bahan merupakan dua hal yang berbeda? Bagaimana? Apakah Anda masih bingung letak perbedaannya? Jika jawabannya iya, maka Anda harus menyimak beberapa informasi di bawah ini! Let’s check it!

 

Perbedaan Alat dan Bahan Secara Umum

Guna memudahkan Anda untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang alat dan bahan serta perbedaannya, maka kami sajikan tabel perbedaan kedua hal tersebut. Anda bisa menyimaknya dengan seksama. Berikut perbedaannya:

Perbedaan Alat dan Bahan

Alat

Bahan

Tidak akan berkurang ataupun habis, meskipun sudah digunakan.

  Sangat berpotensi untuk berkurang, bahkan habis.

Tidak dapat dibuat menjadi suatu benda tertentu.

Bisa digunakan untuk membuat benda lainnya atau benda baru.

Bisa digunakan berulang kali, karena tidak berkurang ataupun habis.

Tidak dapat digunakan berulang kali.



Contoh Alat dan Bahan

Menurut definisi alat dan bahan yang telah dipaparkan sebelumnya, dapat dipastikan bahwa benda tersebut berbeda dengan bahan. Selanjutnya kami akan memberikan beberapa contoh alat dan bahan dibawah ini:

Contoh Alat dan Bahan

Hasil Akhir

Contoh Alat

Contoh Bahan

Kursi

gergaji, palu, meteran

Kayu, Cat, rotan, busa, etc

Meja

gergaji, , palu, meteran

Kayu, paku, cat

Dompet

Penjahit, Palu,

Kain, Kulit, Benang,

 

Setelah membaca informasi di atas, sudahkah Anda mengetahui secara jelas tentang alat dan bahan? Pastinya bukan hanya tahu tentang definisinya saja, tetapi juga tahu bahwa kedua hal tersebut adalah sesuatu yang berbeda. Jadi, kalau ditanya apa itu alat dan bahan, sudah tahu jawabannya, bukan?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama