Apa itu Kesimpulan? Pengertian , Tujuan, dan Contoh Kesimpulan

apa itu kesimpulan

Dalam sebuah pemaparan atau pembahasan, kita dapat menemukan berbagai fakta dan kajian baik secara ilmiah maupun non ilmiah. Kajian tersebut dapat kita terima kebenarannya karena si pembicara atau penulis terlebih dahulu melakukan riset terhadap suatu persoalan. Riset tersebut diperkuat dengan adanya sumber acuan atau referensi dari berbagai ahli.

Berawal dari dugaan semntara kemudian diperkuat dengan teori berbagai ahli, kemudian dilanjutkan dengan riset dan penelitian maka didapat hasil yang objektif dan ilmiah dari suatu persoalan. Dari rangkaian tersebut baru kita bisa mengambil sebuah kesimpulan, apakah riset tersebut menjawab dugaan sementara atau justru sebaliknya. Dengan kata lain, kesimpulan ialah bagian akhir dari sebuah rangkaian kajian ilmiah.

Kesimpulan adalah bagian yang sangat penting dalam rangkaian kajian ilmiah maupun non ilmiah. Kenapa dikatakan penting, karena dari kesimpulan ini seseorang akan melanjutkan tindakan apa yang akan dilakukan. Sebagai contoh, “seorang hakim akan menjatuhkan hukuman kepada terdakwa setelah mendapatkan hasil apakah dia bersalah atau tidak”.

Tidak jarang beberapa orang mempunyai pandangan yang beragam dalam cara mengambil sebuah kesimpulan. Hal itu dikarenakan setiap orang mempunyai persepsi sendiri terkait fakta atau kajian yang disajikan penulis atau pembicara. Namun, walaupun berbeda tapi masih dalam asas koridor fakta atau kajian yang sebenarnya.


Pengertian Kesimpulan


Kesimpulan adalah bagian akhir dari sebuah rangkaian kajian yang memuat beberapa premis dengan aturan inferensi. Untuk mendapatkan kesimpulan ini, diperlukan sebuah kajian yang membahas fakta-fakta ilmiah terkait dengan suatu permasalahan/persoalan. Dapat dikatakan pula kesimpulan merupakan jawaban dari persoalan yang diduga sebelumya, atau istilah lain jawaban dari hipotesis.

Dalam kehidupan nyata kita tidak terlepas dari suatu permasalahan, baik itu sifatnya mikro maupun makro Suatu permasalahan biasanya diawali dengan pertanyaan-pertanyaan seperti, siapa, dimana, kapan, bagaimana. Pertanyaan tersebutlah yang merangsang seseorang untuk melakukan suatu kajian ataupun penelitan.

Seorang peneliti atau penulis akan merangsang pemikirannya pada sebuah permasalahan secara universal. Dia akan berkata kenapa ini terjadi, bagaimana cara memecahkannya. Sehingga terdoronglah dalam melakukan riset atau kajian. Proses riset tersebut akan memunculkan beberapa fakta yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari permasalahan tersebut. Dari bukti tersebutlah dapat didapatkan sebuah jawaban yang berbentuk sebuah kesimpulan.


Dalam mengambil sebuah kesimpulan, seseorang akan diarahkan pada pemikiran yang bersifat deduktif atau induktif. Orang akan merancang terlebih dahulu suatu permasalahan secara menyeluruh, mencari penyebabnya baru kemudian membuat kesimpulan yang obyektif. Kesimpulan yang didapatkan harus melalui  kajian ilmiah dan riset.


Tujuan Kesimpulan


Pendengar atau pembaca tidak akan cukup dalam menerima sebuah fakta ataupun hasil riset yang dipaparkan oleh si penulis. Akan tetapi, pada umumnya masyarakat kita tidak terlalu antusias dalam menyimak suatu pembahasan yang panjang dan menyita waktu.  Terkadang mereka hanya mengingikan hasil akhir dari suatu riset yang dapat menjawab semua persoalan.

Sehingga kesimpulan ini menjadi sangat penting sebagai penegas dalam menjawab persoalan. Ada beberapa point tujuan kesimpulan, yakni:

1. Memberikan point utama dari suatu permasalahan

Dalam hal ini, pendengar atau pembaca akan mengetahui secara garis besar masalah apa yang dikemukakan oleh penulis. Pendengar / pembaca dapat dengan mudah menemukan suatu permasalahan yang sedang dibahas atau dikemukakan. Tidak perlu lagi menghabiskan waktu berlama-lama untuk mengetahui permasalahan.



2. Memberikan jawaban dari permasalahan

Disamping mendapati dengan mudah permasalahan apa yang sedang dibahas, pembaca atau pendengar juga dapat dengan mudah menemukan jawaban dari permasalahan yang dibahas. Mereka akan mendapati jawaban permasalahan itu dengan cepat tanpa harus menyita waktu.




3, Sebagai acuan dalam mengambil keputusan

Kesimpulan merupakan bagian akhir yang dapat dimanfaatkan oleh pendengar atau pembaca dalam mengambil sebuah keputusan. Kesimpulan juga dapat dijadikan sebagai acuan untuk melakukan penelitian atau tindakan lanjutan.


Contoh Kesimpulan

Setelah pembahasan diatas, sudahkah anda paham tentang apa itu pengertian kesimpulan? untuk lebih paham, silahkan contoh kesimpulan berikut ini:

Seorang penulis melakukan penelitian terhadap tampilan bungkus produk terhadap banyaknya penjualan, dan kesimpulannya adalah sebagai berikut:

Kesimpulan:
Dari penelitian yang sudah kami lakukan, dapat disimpulkan bahwa tampilan bungkus produk berpengaruh signifikan terhadap penjualan produk. Hal ini diperkuat dengan penjualan produk A, dimana setelah bungkus produk mereka maksimalkan, penjualan secara tidak langsung meningkat. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama