Apa itu Optimalisasi? Pengertian, Manfaat, & Contoh Optimalisasi

Optimalisasi adalah

Dalam menjelankan pekerjaan atau kegiatan, tentu semua orang menginginkan hal yang maksimal dan efisien, nah salah satu hal yang sering digunakan dalam istilah ini adalah optimalisasi. Apakah anda sudah pernah mendengar istilah ini? dan sebenarnya apa pengertian optimalisasi? Yuk simak ulasan dibawah ini.

Apa itu Optimalisasi?

Optimalisasi adalah sebuah proses menemukan praktik terbaik yang dilakukan untuk mencapai hasil yang maksimal dan ideal dengan memanfaatkan sumber daya yang ada sebaik mungkin. Secara sederhana arti optimaliasi adalah serangkaian proses untuk mengoptimalkan apa yang yang sudah. Tidak hanya dalam dunia bisnis, optimalisasi juga sering digunakan dalam bidang lainnya, salah satunya adalah pendidikan.

Manfaat Melakukan Optimalisasi

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, kenapa harus melakukan optimalisasi, kenapa tidak menggunakan cara-cara atau metode yang sudah ada? Untuk menjawab hal ini, silahkan simak beberapa manfaat optimalisasi berikut ini.


1. Mengatasi Masalah

Dunia selalu mengalami perubahan, misalnya pandemi covid 19 yang sedang terjadi pada tahun 2020 ini, maka salah satu tujuan atau manfaat dilakukan optimalisasi adalah untuk mengatasi masalah yang ada. Apa bentuk konkrit optimalisasi dari contoh kasus diatas? salah satunya mengurangi angka penyebaran dengan menggunakan masker dan melakukan prtokol kesehatan.


2. Pengambilan Keputusan

Melalui optimalisasi kita akan mendapatkan berberapa informasi penting terkait sebuah masalah. Hal ini dapat digunakan oleh para stake holder untuk mengatasi sebuah masalah dengan baik dan cepat. Dengan begitu proses yang terhambat segera bisa teratasi.


3. Menghemat Sumber daya

Optimalisasi adalah sebuah proses untuk melakukan sebuah kegiatan dengan seefisien mungkin dengan hasil yang optimal, maka dari itu, proses ini akan mampu memberikan penghematan kepada penggunaan sumber daya. Dalam dunia bisnis, tentu ini akan sangat menguntungkan.

Contoh Optimalisasi

Berikut beberapa contoh penggunaan optimalisasi dalam berbagai bidang:


  • Optimalisasi Biaya Produksi: yakni sebuah upaya untuk mengemat biaya produksi sehingga dengan bahan yang sedikit bisa menghasilan produk yang banyak.
  • Optimalisasi saluran air: yakni kembali mengoptimalkan fungsi sunga atau saluran air sebagai tempat jalurnya air. Ini berarti bisa juga membersihkan sampah yang berada pada saluran air.
  • Optimalisasi Sumber Daya: yakni memaksimalkan sumber daya yang ada dengan sebaik mungkin untuk mencapai hasil yang maksimal.


Itulah pengertian manfaat dan juga contoh optimalisasi, kini kamu sudah paham bukan arti dari kata satu ini? jika bingung kamu bisa meninggalkan kolom komentar dibawah dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di website https://www.kbbi.divedigital.id

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama